Skip to main content

Review : 1Q84




@irerosana



“Violence does not always take physical form, and not all wounds gush blood.”
Haruki Murakami, 1Q84


Tiba-tiba saya ingin terlahir dan tumbuh di Jepang demi bisa merasakan kekuatan kata-kata 1Q84 melalui bahasa Ibu.

Takdir membawa saya mengenal Haruki Murakami untuk pertama kali melalui novel ini.  Setelahnya, saya mencoba memahami Murakami melalui karakter-karakter yang ia bangun. Aomame seorang wanita 30 tahun, berpayudara kecil, pelatih fitnes merangkap pembunuh, minim kawan dan suka berpetualang seks, Kawana Tengo yang juga hidup sendirian, mengajar matematika di bimbel yang diam-diam lihai menulis sastra. Tak seorang pun mengira mereka terkait satu sama lain. Semakin tinggi nomor jilid yang dibaca semakin kentara betapa kuat ikatan di antara keduanya -selain dari sama-sama memiliki masa lalu yang amat menyakitkan dan sama-sama penyendiri.

Murakami membuka 1Q84 dengan amat manja. Menjadikan kehidupan Aomame yang sepi sebagai sesuatu yang diingini orang kebanyakan, dan bagaimana Tengo terlibat dalam konspirasi sastra bersama salah seorang editor dengan menjadi penulis bayangan yang membawanya terlempar ke dalam dunia paralel. Di awal semua terasa sebagai sebuah suguhan cerita yang menyenangkan. Semakin dalam, aroma magis lamat-lamat tercium bersamaan dengan teka-teki yang membutuhkan pencarian jawaban pada halaman setelahnya. Pembaca enggan berhenti, tak rela menunda untuk membeli, dan bersedia menelusuri kota demi kota untuk mendapat jilid lain yang tersisa.

Kemungkinan besar ia bukan seorang yang membosankan. Terlihat dari caranya menggambarkan sesuatu, berbeda dan bergairah. Semua bagian dibangun tegas, cepat dan tanpa ampun kecuali caranya mendiskripsikan karakter. Setiap karakter digambarkan teramat detail dan berulang, bagaimana bentuk tubuh dan payudara Aomame, bentuk bibir menjijikkan dengan kepala aneh ala Ushikawa dan pertumbuhan Tengo dengan ingatan masa balitanya tentang seorang wanita –yang ia yakini adalah Ibunya- tengah diisap puting susunya oleh seorang pria muda –yang ia yakini adalah bukan ayahnya. Kedua tokoh utama sama-sama menggilai seks, Aomame yang hobi menjajal seks dengan orang yang tak ia kenal untuk menghilangkan stress pasca membunuh, dan Kawana Tengo yang selalu berhubungan seks setiap jum’at dengan pacar lebih tuanya –yang juga adalah istri orang lain.

Berusaha menggugah rasa penasaran pembaca, Murakami menghadirkan tokoh misterius Fukada Eriko, penulis berusia 17 tahun, pengidap disleksia, bertubuh ramping, bermuka menyenangkan dan berkali-kali dikatakan Tengo mempunyai buah dada yang bagus. Fuka Eri adalah rekan konspirasi Tengo dalam membuat novel Kepompong Udara, novel yang berhasil memenangkan sayembara menulis dan menjadi best seller dalam jangka waktu yang cukup lama. Sejauh itu, semua terlihat baik dan menyenangkan sebelum mengetahui bahwa novel tersebut menyeret Aomame dan Tengo ke dalam dunia paralel yang amat merepotkan.

Kepompong Udara dalam 1Q84 sekaligus membuktikan kepiawaian Murakami dalam berimajinasi. Saya sempat tercenung mendengar cerita seorang gadis kecil yang tinggal di suatu komunitas di pegunungan, diberi tugas untuk menjaga kambing buta. Suatu ketika kambing itu mati dan si gadis kecil mendapat hukuman, dikurung bersama bangkai kambing yang mati. Pada malam harinya, mulut kambing yang mati tiba-tiba ternganga, bercahaya dan keluarlah sekolompok orang kecil (orang dengan ukuran mini). Mereka lalu membuat kepompong udara dan si gadis kecil terhenyak ketika mendapati dirinyalah yang terdapat dalam kepompong udara tersebut. Makin jauh, saya semakin menyadari bahwa cerita tadi bukanlah sekadar pemanis tambahan, tapi menempati salah satu part inti 1Q84 secara keseluruhan. Jauh dari itu, saya sadar bahwa Murakami sedari awal rupanya telah benar-benar menyiapkan detail dari karyanya, mulai dari kerangka, point-point inti hingga ending dan bukan asal membuat cerita sembari jalan. Yah, penulis profesional memang seharusnya melakukan itu!

Murakami memastikan betul struktur cerita dan detail yang ia buat terpatri dalam benak pembaca, sehingga ketika ia mulai bercerita adegan lebih lanjut, tak seorang pun berkilah, tidak siap. Ia banyak melakukan repetisi inti cerita -meski melalui sudut pandang banyak karakter- sehingga pembaca dibuat kelebihan mengerti. Setiap kata yang ia pilih penuh       makna, tak ada pemanis atau ‘yang tidak perlu’, semua berperan dan memiliki jatah bagian. Keseluruhan cerita ia bungkus dengan paket anti rasa bosan.

Murakami mengusung aliran sastra realisme magis yang dipopulerkan pertama kali oleh Franz Kafka -seorang sastrawan abad 20 yang juga dianut oleh si pembuat buku kontroversial The Satanic Verses, Salman Rushdie.

Bagaimana cara Murakami merambah dunia literasi memang membuat iri banyak orang. Kala itu, ia tengah menikmati sebuah pertandingan baseball. Melihat Hilton –pemain Amerika memukul double secara cepat, saat itulah ia merasa bisa menulis novel. Malamnya, ia mulai menulis dan beberapa bulan kemudian lahirlah Hear the Wind Sing, novel pertamanya yang berhasil memenangkan juara pertama di salah satu kontes literatur di Jepang. Sesimple itu!

Sebelumnya belum pernah menulis sama sekali. Sekali lagi saya tekankan bahwa ia belum pernah menulis S A M A S E K A L I. How damn it! Ia menghabiskan waktunya untuk mengelola bisnis club jazz, menikmati lagu-lagu klasik –yang kemudian banyakpula ia pakai untuk memperkuat adegan dalam karya-karyanya.

Pasca kemunculan Hear the Wind Sing, karya setelahnya selalu menempati urutan teratas tangga buku sastra Jepang, hal itulah yang membuat iri banyak penulis. Hear The Wind Sing menjadi tonggak awal kesadaran Murakami terhadap dunia literasi. Mungkin dari sanalah ia menyadari potensi besar yang ada di dalam dirinya sebagaimana ia merasa perlu mempertanggungjawabkannya di hadapan khalayak sastra.


“Good style happens in one of two ways: the writer either has an inborn talent or is willing to work herself to death to get it.”
Haruki Murakami, 1Q84

Comments

Popular posts from this blog

China Diserang Pneumonia, Indonesia Tak Perlu Panik!

Unsplash.com/Diana Polekhina Pasca membaik dari Covid 19, publik kembali dikhawatirkan dengan berita munculnya wabah baru Pneumonia. Entah kebetulan atau bukan tapi wabah ini lagi-lagi datang dari negara tempat bermulanya Covid 19 yaitu China. Kasus pneumonia ini pertama dilaporkan pada 13 november 2023 lalu. Global times menyebut rumah sakit anak di China sudah kewalahan menerima pasien yang berjumlah rata-rata mencapai 9378 setiap harinya. WHO sendiri mengaku memantau mengenai peningkatan pneumonia yang sedang terjadi di China.  Prof Francois Balloux dari University College London menyebut adanya istilah hutang imunitas. Lockdown yang terjadi ketika covid 19 memicu fenomena keluarnya gelombang infeksi pernapasan. China sendiri diketahui melakukan lockdown lebih lama dibanding dengan negara-negara lain sehingga potensi terpaparnya akan lebih besar. Menanggapi fenomena yang tejadi di negaranya, Mi Feng selaku Komini Kesehatan Nasional menyampaikan bahwa pihaknya telah mengupayakan bebe

Jurus Anti Rugi Hidup di Era Digital!

      Sumber : Doc.Pribadi/irerosanaullail   Rugi banget kalau kita hidup di era digital dengan segala kemajuan dan kemudahan dalam berbagai hal tapi kita malah memilih rebahan di rumah dan menjadi penonton serta penikmat dari buah kemajuan tersebut. Kenapa tidak mencoba mengambil peran dan memaksimalkan diri di era ini?! Mulai berbisnis contohnya. Era digital bisa dibilang sangat ramah kepada para pebisnis. Maraknya sosial media serta keberadaan aneka marketplace memudahkan para pelaku bisnis pemula untuk memasarkan produk-produknya. Tentunya kesempatan ini amat sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Salah satu bisnis yang cukup diminati di era digital adalah kuliner. Bisnis kuliner digadang-gadang tidak akan pernah mati. 271 juta jiwa penduduk Indonesia butuh makan untuk melanjutkan hidup. Itulah salah satu alasan mengapa bisnis kuliner akan senantiasa panjang umur. So , tidak ada salahnya jika kita juga melirik bisnis ini. Masalahnya adalah, apa yang ingin dijual? Di sin

Permasalahan Manajemen UKM Sebetulnya Mudah!

sumber : tribunnews.com UKM memiliki peran penting dalam mendongkrak laju pertumbuhaan sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Menurut data BPS 2016 jumlah UKM di Indonesia mencapai 26.073.689 unit Usaha. Dengan titik distribusi terbesar berada pada sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor yaitu sebanyak 31,54% dan pengolahan sebanyak 23, 00%.   Sektor lain yang memiliki porsi besar di antaranya penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan dan minuman yang menduduki porsi sebanyak   11, 66%, disusul sektor pendidikan dan konstruksi. Sementara Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyebutkan bahwa UMKM tahun 2016-2017 berjumlah 62.922.617 unit yang mana jumlah tersebut mecangkup 99,9 persen dari total unit usaha di Indonesia. Tahun 2018 Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan bahwa UKM menyumbang PDB lebih besar yakni sebanyak 93,4% sementara usaha menengah 5,1% dan usaha besar hanya m